Senin, 24 Oktober 2011

Sendang Sinangka dengan Mitosnya


Sendang Sinangka juga merupakan salah satu tempat yang pernah dijadikan persinggahan oleh Pangeran Samber Nyowo. Sendang Sinangka ini lokasinya terletak di Keloran, Selogiri, kabupaten Wonogiri. Asal usul nama Sendang Sinangka berasal dari pemberian Pangeran Samber Nyowo. Pada saat beliau sedang melakukan tapa kungkum, tiba-tiba kejatuhan buah nangka. Sampai saat ini, tempat ini masih sering dikunjungi oleh warga sekitar bahkan warga luar kota. Banyak orang yang minum, mandi sambil pulang membawa botol berisi air Sendang Sinangka ini.


Kondisi sendang sinangka sudah mengalami pemugaran. Dan kondisi terakhir adalah sebagai Pasiraman Sendhang Sinangka. Bangunan pasiraman sudah tertutup rapat dengan tembok dan beratapkan atap rumah joglo. Sampai saat ini, pasiraman ini masih dipelihara dan dirawat sebaik-baiknya oleh warga sekitarnya dan juga dari pihak Puro Mangkunegaran Solo serta pemda kabupaten Wonogiri.

Berawal dari sebuah mata air yang berada di bawah pohon Nongko atau Nangka. Ketika Pangeran Samber Nyowo berkunjung di tempat ini, beliau merasakan getaran gaib di tempat ini. Maklum beliau tergolong sebagai wong luhur yang waskito ing panggalih (tajam kepekaan batin). 

Dan di suatu malam, beliau ditemani oleh Kyai Kudonowarso (patih beliau), datang ke tempat ini dan berendam di sendhang ini. Saat sedang berendam, tiba-tiba di depan beliau, jatuh satu buah nangka. Ajaib sekali, buah nangka itu bersinar amat terang di malam tersebut. Selesai berendam, buah nangka itu diambil oleh Pangeran Samber Nyowo. Dan beliau meminta Kyai Kudonowarso untuk membelah buah nangka itu. 

Lagi-lagi terjadi keanehan, pisau yang digunakan Kyai Kudonowarso, tidak mempan untuk membelah nangka. Akhirnya digunakan pusaka untuk membelahnya, tapi tetap saja tidak mempan. Ketika Pangeran Samber Nyowo sendiri yang memegangnya, buah nangka itu membelah dengan sendirinya. Dan akhirnya, buah nangka itu dimakan oleh Pangeran Samber Nyowo.

Konon kabarnya, air Sendang Siwani untuk diminum dan mandi ini memiliki khasiat sebagai berikut : 

(1). Untuk kejayaan, mungkin dalam arti luas berarti derajat dan pangkat juga. 
(2). Untuk menambah kekuatan. 
(3). Untuk menambah kesaktian bagi mereka yang tertarik pada kasekten dan kanuragan. 
(4). Untuk menambah keberanian. 
(5). Untuk meningkatkan nyali pada orang yang penakut. 
(6). Cocok bagi security / polisi / tentara / militer yang akan berangkat bertugas ke medan tempur. 
(7). Untuk memudahkan orang yang belajar ilmu kebal karena tuntutan pekerjaan seperti militer/polisi. 
(8). Untuk mereka yang berada di pihak yang benar dan sedang punya kasus/perkara di meja pengadilan. 

Tetapi ini harus disadari bahwa semuanya berasal dari Allah SWT semata, air sendang siwani hanyalah 'srono' / 'lantaran' alias sarana kekuasaan-Nya. inilah sekelumit cerita tentang Sendang Sinangka

1 komentar: