Kamis, 06 Oktober 2011

Fenomena keunikan Pantai Banyutowo


Objek wisata  Pantai Banyutowo ini terletak di Desa Gudangharjo, Kecamatan Pranggupito atau sekitar 2 jam berjalan darat dari pusat kota Wonogiri.


Objek wisata alam mempunyai keunikan yakni pantai dengan sumber air tawar dan panorama alam yang indah, area pemancingan ikan air tawar, pengeboran sumur air tawar yang melimpah .



Hanya sedikit objek wisata alam yang memiliki keunikan seperti Pantai Banyutowo ini. Sesuai namanya Banyutowo, yang artinya air tawar, maka inilah kesempatan bagi wisatawan untuk menikmati sensasi air pantai yang berbeda, yakni air tawar yang tidak lengket bila terkena kulit tubuh ketika kita menceburkan diri ke pantai.



Bukan hanya itu, pemandangan yang ditawarkan pantai ini juga cukup sensasional. Setelah menikmati anugerah alam, menggunakan waktu yang tersisa untuk memancing bersama teman atau keluarga adalah pilihan tepat.
Pantai ini berair tawar karena merupakan muara dari sungai air tawar di daerah tersebut. Sumber air tawar ini pun belum lama ditemukan. Tim survei potensi air Pemkab Wonogiri dipimpin Kabag Humas Eko Muslich Martono SE MM menemukan mata air baru Sumber Banyutowo di dekat Pantai Paranggupito. ''Debitnya cukup besar dan berair jernih. Namun sayang potensi air tawar ini hanya terbuang ke laut selatan. Padahal wilayah Paranggupito selalu dilanda kekeringan bila musim kemarau,'' katanya. Sebagai potensi air bersih, Sumber Banyutowo kiranya dapat dieksploitasi untuk mencukupi kebutuhan air penduduk Paranggupito.


Temuan Sumber Banyutowo yang merupakan aliran sungai bawah tanah ini, lanjut dia, berada di celah perbukitan yang berjarak sekitar tiga kilometer utara pantai selatan, tepatnya di Dusun Ringin Desa Parang Kecamatan Paranggupito.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar