Rabu, 05 Oktober 2011

Pantai Sembukan, Emas di Tanah Wonogiri


Kabupaten Wonogiri , ternyata banyak wisata alam yang belum tergarap penuh oleh pemda seperti sebagai contoh Pantai Selatan yang terletak di kecamatan Paranggupito yaitu Pantai Sembukan.
Kali ini kami akan membahas wisata Pantai Sembukan. Pantai ini ramai dikunjungi pada malam 1 Suro. Pantai ini lebih dikenal sebagai tempat wisata ritual. Pantai ini sarat dengan mitos Nyi Roro Kidul yang sudah mendarah daging pada masyarakat Jawa. Berdasarkan mitos yang berkembang Pantai Sembukan merupakanpintu gerbang ke-13 Kerajaan Nyi Roro Kidul. Melalui gerbang ini Nyi Roro Kidul bertemu dengan raja-raja Kasunanan Surakarta. Setahun sekali di Pantai ini diadakan selamatan Larung Ageng oleh Keraton Surakarta, Pemkab Wonogiri, maupun masyarakat sekitar. Ritual semacam ini dapat menarik para wisatawan lokal dan mancanegara.

Kabupaten Wonogiri merupakan satu-satunya Kabupaten/kota di wilayah Surakarta yang memiliki pantai.
Pantai Sembukan terletak di Kecamatan Paranggupito kurang lebih 40 Km arah selatan Kota Wonogiri atau 2 jam perjalanan.
Pantai Sembukan terkenal sebagai pantai ritual yang ramai dikunjungi orang untuk bermeditasi dan ngalab berkah.
Pantai sembukan yang jaraknya dari Kantor Kecamatan Parnggupito kurang lebih berjarak 3,5 km, juga pada waktu-waktu tertentu diadakan acara larung yang juga dilanjutkan dengan acara wayangan. Jika ingin berwisata di pantai sembukan jangan lupa membawa kail karena disana banyak orang yang mengail mencari ikan sambil menikmati indahnya pemandangan alam laut yang menawan. Disamping itu juga ada tempat peribadatan yang ada di puncak gunung yang terletak tidak jauh dari pantai Sembukan tersebut.
Sayang sekali pengelolaan Pantai Sembukan sabagai tempat wisata kurang mendukung. atau dapat dikatakan sangat minim sarana dan prasarananya. Sebagai contoh akses jalan yang sudah rusak. Padahal kalau pengelolaan Pantai ini dilakukan dengan baik dapat mengangkat perekonomian masyarakat sekitar.

1 komentar: