Sabtu, 15 Oktober 2011

Goa Ngantap, Wisata Alternatif dari Bayemharjo



Goa Ngantap merupakan salah satu alternatif obyek wisata yang murah. Terutama bagi anda yang suka petualangan. Bagi anda yang sudah bosan dengan wisata yang itu-itu saja dan ingin sesuatu yang beda Goa Ngantap sebagai alternatifnya. Gua Ngantap adalah salah satu gua yang terdapat di kelurahan Bayemharjo, kecamatan Giritontro, Kabupaten Wonogiri, provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Gua ini adalah salah satu gua tujuan wisatawan lokal di Kabupaten Wonogiri. Formasi stalagtit dan stalagmit yang indah terdapat di dalam goa ini. Wilayah Wonogiri memiliki hamparan karst yang cukup luas seperti daerah-daerah sekitarnya, sehingga wilayah ini juga memiliki potensi wisata goa yang cukup menarik. Sampai saat ini pun masih ditemukan beberapa goa baru yang sedang dikaji untuk dijadikan wisata bagi para peminat goa. GoaNgantap sendiri merupakan salah satu goa yang sudah lama ditemukan, terlebih dengan ukuran yang tergolong sangat besar. Namun demikian, perhatian dan minat wisatawan sendiri tampaknya masih kurang bahkan untuk menuju goa ini tidak ditemukan penunjuk arah yang jelas. Goa ini berbentuk seperti cerugan (cekungan kedalam) yang di dalamnya terdapat ruangan yang cukup luas dan tinggi. Beberapa bebatuan didalamnya masih dialiri air, bahkan tetesan air tersebut juga dimanfaatkan warga sekitar untuk keperluan air bersih.


Untuk menuju Goa Ngantap wisatawan harus rajin bertanya kepada penduduk lokal karena penunjuk ke tempat ini sangat minim. Sedangkan sarana dan fasilitas yang ada di tempat ini sendiri sepertinya telah lama ditinggalkan dan tidak terawat. Namun demikian, kondisi goa sendiri masih terjaga dan batu-batuan didalamnya masih memiliki daya tarik yang cukup khas.
Sayang ketika disana kesan  kurang terawat adalah yang muncul. Kurangnya perhatian Pemerintah maupun warga sekitar penyebabnya. Seharusnya potensi-potensi wisata seperti ini layak mendapat perhatian lebih dari pihak-pihak yang terkait dan tidak dibiarkan begitu saja demi kemajuan Pariwisata Kabupaten Wonogiri.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar