Jumat, 30 September 2011

Wisata Waduk Gajah Mungkur

Waduk gajah Mungkur merupakan Tempat Wisata andalan Kabupaten Wonogiri. Taman rekreasi Waduk Gajah Mungkur dibuat setelah pembangunan Waduk Gajah Mungkur selesai. Dikawasan obyek wisata ini juga dikembangkan Agrowisata berupa pembudidayaan berbagai jenis ikan tawar, taman satwa, Mainan anak-anak, Jet Sky, Perahu, Sepeda air, Sarana olah raga gantole, karamba, Kereta kelinci, naik gajah, dan yang paling terbaru yaitu Water Boom.



Terletak di sebelah selatan Kota Wonogiri dengan jarak tempuh hanya 7 km, tempat wisata ini menyajikan perpaduan wisata alam, permainan anak, dan aneka pagelaran budaya dengan dukungan fasilitas yang terbilang cukup lengkap.


Akses jalan dan sarana transportasi yang mendukung obyek wisata ini sangat mudah dan murah. Hanya dengan waktu tempuh sekitar 15 menit dari Kota Wonogiri para pengunjung dapat langsung sampai ke tempat wisata ini.Fasilitas yang disediakan antara lain taman satwa langka, naik gajah jinak, kolam renang, arena mainan anak, kereta kelinci, tempat ibadah, toilet, tempat parkir, perahu boat, sepeda air, sarana olahraga paralayang, panggung hiburan dan wisata kuliner berupa rumah makan terapung yang menyediakan menu masakan khas nila bakar.Bagi para pengunjung dari luar daerah di sekitar obyek wisata sudah banyak didirikan hotel dan tempat penginapan yang nyaman dengan tarif yang murah.

Setiap Hari Raya Idul Fitri selama dua minggu di Obyek Wisata Waduk Gajah Mungkur diadakan event pariwisata Gebyar Gajah Mungkur. Kegiatannya adalah pentas kesenian selama dua minggu berupa pentas orkes melayu, campur sari dll dengan tujuan untuk  menghibur masyarakat yang berkunjung ke Obyek Wisata Waduk Gajah Mungkur. Gebyar Gajah Mungkur ditutup dengan atraksi budaya Sedekah Bumi yaitu berupa upacara ritual yang dilaksanakan oleh Bupati Wonogiri dengan menyebar ketupat kepada pengunjung, setelah penyebaran ketupat dilanjutkan dengan atraksi tari-tarian tradisional di Obyek Wisata Sendang Asri.

Event pariwisata Gelar wisata budaya juga dilaksanakan di Obyek Wisata Sendang Asri Waduk Gajah Mungkur, pada bulan Sura setiap tahun, menampilkan atraksi budaya adat Kabupaten Wonogiri antara lain :

  • Kegiatan ruwatan masal, setiap tahun diminati oleh kurang lebih 200 orang baik oleh masyarakat maupun di luar Wonogiri.
  • Jamasan Pusaka Milik Mangkunegara I
  • Tari Tradisional khas Wonogiri
Inilah sekilas tentang Obyek Wisata Waduk Gajah Mungkur .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar