Senin, 24 Oktober 2011

Obyek Wisata Spiritual Selogiri


Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri, kaya potensi objek wisata spiritual dan petilasan bernilai historis dan heroik. Itu berasal dari zaman kerajaan dan revolusi pra kemerdekaan Republik Indonesia.
Banyak wisata spiritual yang ada di selogiri. Di sini ada beberapa petilasan pertapaan tokoh sejarah yang diyakini memiliki daya gaib. Juga ada makam leluhur dinasti Mangkunegaran yang diziarahi kerabat, keturunan, dan masyarakat spiritual berbagai daerah. Ada pula Monumen Batu Gilang Nglaroh dan Tugu Monumen Penyimpanan Pusaka.
Obyek wisata spiritual tersebut berada di Sendang Siwani, tempat pertapaan Raden Mas (RM) Said atau Pangeran Sambernyawa ketika menerima wangsit yang membangkitkan keberanian bertempur melawan Belanda.  Tempat itu berupa sendang (sumber air) yang sampai kini dikunjungi banyak orang dari berbagai daerah, terutama setiap malam Selasa dan Jumat.

Sendang Sinangka dengan Mitosnya


Sendang Sinangka juga merupakan salah satu tempat yang pernah dijadikan persinggahan oleh Pangeran Samber Nyowo. Sendang Sinangka ini lokasinya terletak di Keloran, Selogiri, kabupaten Wonogiri. Asal usul nama Sendang Sinangka berasal dari pemberian Pangeran Samber Nyowo. Pada saat beliau sedang melakukan tapa kungkum, tiba-tiba kejatuhan buah nangka. Sampai saat ini, tempat ini masih sering dikunjungi oleh warga sekitar bahkan warga luar kota. Banyak orang yang minum, mandi sambil pulang membawa botol berisi air Sendang Sinangka ini.

Jumat, 21 Oktober 2011

Gunung Pegat Wonogiri, obyek wisata dan mitosnya



Gunung Pegat terletak di desa Ngadiroyo, kecamatan Ngadirojo, kabupaten Wonogiri. Lokasinya berupa gunung yang ditumbuhi pepohonan yang lebat yang bisa juga disebut hutan. Sehingga udara disekitarnya pun terasa begitu sejuk. Keindahan yang ditawarkan obyek wisata ini berupa pemandangan dari jauh waduk Wonogiri yang disertai hamparan sawah yang terlihat begitu indah. Dari jalan raya pun kita bisa menikmatinya. Di sebrang ada waduk yang menawan dan terlihat tulisan “Bendungan Serbaguna Wonogiri” puth dan kecil. Diantaranya ada hamparan sawah, kebun, hutan, rumah yang tersusun begitu indahnya. Untuk menikmatinya anda tidak perlu membayar apapun, cukup datang dan nikmati keindahannya gratis.

Cagar Alam Danalaya, dengan jati berkualiasnya


Cagar Alam Danalaya merupakan cagar alam yang didalamnya didominasi pohon Jati. Cagar alam disini menawarkan sesuatu yang beda dengan cagar alam lainnya. Pohon-pohon di cagar alam ini terutama pohon jatinya berukuran jumbo atau super besar. Cagar Alam Danalaya terletak di kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Obyek wisata cagar alam ini merupakan hutan jati.

Minggu, 16 Oktober 2011

Plintheng Semar, Merana di Jantung Kota



Di jantung kota Wonogiri terdapat taman Plintheng Semar. Plintheng Semar adalah nama yang biasa digunakan untuk menyebut sebuah batu besar yang terdapat di taman tersebut. Batu besar ini, uniknya bersandar di sebatang Pohon Asem Jawa sejak dahulu. Plinteng Semar tepatnya terletak di kawasan Taman Selopadi, Kel. Giripurwo, Kec. Wonogiri yang berjarak 200m dari pusat Kota Wonogiri.

Sabtu, 15 Oktober 2011

Goa Ngantap, Wisata Alternatif dari Bayemharjo



Goa Ngantap merupakan salah satu alternatif obyek wisata yang murah. Terutama bagi anda yang suka petualangan. Bagi anda yang sudah bosan dengan wisata yang itu-itu saja dan ingin sesuatu yang beda Goa Ngantap sebagai alternatifnya. Gua Ngantap adalah salah satu gua yang terdapat di kelurahan Bayemharjo, kecamatan Giritontro, Kabupaten Wonogiri, provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Gua ini adalah salah satu gua tujuan wisatawan lokal di Kabupaten Wonogiri. Formasi stalagtit dan stalagmit yang indah terdapat di dalam goa ini. Wilayah Wonogiri memiliki hamparan karst yang cukup luas seperti daerah-daerah sekitarnya, sehingga wilayah ini juga memiliki potensi wisata goa yang cukup menarik. Sampai saat ini pun masih ditemukan beberapa goa baru yang sedang dikaji untuk dijadikan wisata bagi para peminat goa. GoaNgantap sendiri merupakan salah satu goa yang sudah lama ditemukan, terlebih dengan ukuran yang tergolong sangat besar. Namun demikian, perhatian dan minat wisatawan sendiri tampaknya masih kurang bahkan untuk menuju goa ini tidak ditemukan penunjuk arah yang jelas. Goa ini berbentuk seperti cerugan (cekungan kedalam) yang di dalamnya terdapat ruangan yang cukup luas dan tinggi. Beberapa bebatuan didalamnya masih dialiri air, bahkan tetesan air tersebut juga dimanfaatkan warga sekitar untuk keperluan air bersih.

Jumat, 14 Oktober 2011

Event-event di Wonogiri

Budaya mencakup berbagai cabang diantaranya adalah Seni. Budaya yang berkembang di Kabupaten Wonogiri ternyata sangat beragam,namun semuanya itu tetap berkiblat pada Budaya yang ada dan berkembang di Kraton Surakarta dalam hal ini adalah Kadipaten Mangkunegaran. Hal tersebut disebabkan karena Wonogiri (sebelum NKRI Merdeka) merupakan bekas wilayah Kadipaten Mangkunegaran.


Cabang budaya dalam hal ini adalah kesenian yang ada dan berkembang di Kabupaten Wonogiri dikemas dalam berbagai event oleh DPPSB antara lain :

POTENSI SUMBER DAYA ALAM YANG AKAN DIKEMBANGKAN DI WONOGIRI


Wonogiri kaya akan potensi wisatanya. Walaupun sebagian daerahnya gersang dan bebatuan namun terdapat banyak goa-goa, pantai-pantai sampai pemandangan alam yang berpotensi untuk dijadikan obyek wisata. Tinggal bagaimana kita bisa memaksimalkan potensi tersebut agar tidak menjadi sia-sia.

Berikut adalah potensi-potensi sumber daya alam yang akan dikembangkan menjadi obyek wisata.

POTENSI WISATA YANG ADA DI PARANGGUPITO


Wonogiri kaya akan potensi wisatanya. Walaupun sebagian daerahnya gersang dan bebatuan namun terdapat banyak goa-goa, pantai-pantai sampai pemandangan alam yang berpotensi untuk dijadikan obyek wisata. Tinggal bagaimana kita bisa memaksimalkan potensi tersebut agar tidak menjadi sia-sia.
Disini yang akan kita bahas potensi wisata daerah Paranggupito. Banyak sekali sebenarnya potensi wisata di daerah ini, tapi kurangnya perhatian pemerintah menyebabkan potensi tersebut tidak dapat digali secara maksimal. Berikut adalah uraiannya.

Goa Putri Kencono dengan Potensinya


Goa Putri Kencono merupakan salah satu obyek wisata yang menyimpan potensi untuk menarik wisatawan karena keindahannya. Tentu saja dengan syarat jika pengelolaannya secara maksimal, mulai dari aspek sarana maupun prasarana. Memang sampai sekarang ini tidak banyak masyarakay luar yang tau tentang Goa Putri Kencono dikarenakan minimnya promosi, akses yang sulit, dan sarana yang dirasa kurang.

Alas Kethu, Urat Nadi Kota Wonogiri



Hutan Kethu atau yang lebih dikenal dengan Alas Kethu adalah sebuah Obyek Wisata Alas Kethu terletak ditengah-tengah jantung Kota Wonogiri dengan panorama hutan jati, mahoni, akasia dan kayu putih seluas kurang lebih 40 Ha selain sebagai tempat wisata juga sebagai paru-paru kota Wonogiri dengan tumbuhan yang besar-besar dan rindang. Fungsi lainnya adalah sebagai daerah resapan air.
Letaknya yang berada di Jantung Kota menjadikannya sebagai bagian penting dari kota Wonogiri. Dengan adanya Alas Kethu menyeimbangkan kota yang tengah bergeliat ini. Membuat kota tetap hijau, sejuk, dan nyaman. Jadi selain sebagai obyek wisata AlasKethu juga berfungsi menyeimbangkan kota Wonogiri.

Rabu, 12 Oktober 2011

Biografi Pangeran Samber Nyawa





Biografi Pangeran Samber Nyawa terdiri dari jalan hidup yang panjang dan berliku. Namun agar supaya kita dapat mengerti dan memberi nilai yang sewajarnya kepada perjuangan Pangeran Sambernyawa, sebaiknya kita mengerti terlebih dahulu sistem politik VOC ( Verenigde Oost Indische Compagnie ) ialah Perserikatan Dagang Bangsa Belanda yang beroperasi di Indonesia dalam abad ke 17 Masehi, sampai akhir abad ke 18.Bangsa Indonesia menyebut VOC itu dengan nama Kompeni Belanda atau " Kompeni " saja.

Cerita di Balik Objek Wisata Sendang Siwani


Cerita Rakyat Sendang Siwani adalah salah satu cerita yang berbentuk cerita prosa rakyat yang berbentuk cerita legenda dan mempunyai nilai sejarah karena Pangeran Sambernyawa merupakan pejuang kemerdekaan dan pendiri kerajaan Mangkunegaran. Mengandung unsur-unsur mitos bahwa Pangeran Sambernyawa merupakan pelindung dan Sendang Siwani sebagai kunci kemenangan dalam melawan penjajah Belanda. Penghayatan masyarakat pendukung masih sangat kuat dan mengakui Pangeran Sambernyawa sebagai pembawa berkah melalui Sendang Siwani. Sebagai rasa hormat, masyarakat mewujudkannya dalam ritual ruwatan dan wayangan yang dilakukan oleh masyarakat pendukungnya. Sendang Siwani yang berlokasi di Desa Singodutan, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri atau sekitar enam kilometer utara dari pusat kabupaten dan dapat ditempuh dengan waktu sekitar 10 - 15 menit dengan kondisi jalan mulus.

Selasa, 11 Oktober 2011

Sendang Ratu Kenya, Deskripsi


 Inilah selayang pandang tentang Sendang Ratu KenyaAda sebuah sendang (sejenis kolam yang airnya keluar dari mata air), terletak di lereng gunung dusun Ngampohan, Giriwoyo, sekitar 50-km di sebelah selatan Kota Wonogiri. Sendang itu tepatnya berada di tepi jalan raya antara Baturetno dan Giritontro, sekitar 10-km arah barat daya kota kecil Baturetno. Sendang ini tidak terlalu luas, namun rongga di dalamnya cukup besar. Karena itu masyarakat menyebutnya Sendang Growong. Di samping sendang itu ada pohon unut (sejenis pohon beringin) yang dijadikan dhayangan oleh warga setempat. Jadilah tempat itu dikenal dengan sebutan Dhayangan Growong.

Jumat, 07 Oktober 2011

Sendang Ratu Kenya, Goa Maria di Wonogiri

images2Kalau cuma menilik namanya orang tentu akan heran apa hubungannya Kenya (sebuah negara di Afrika) dengan sendang (mata air) ini. Pertanyaan tersebut akan terjawab jika anda mengetahui asal-usul dari nama tersebut yang ternyata tidak ada hubungannya dengan negara Kenya. Lebih dari itu, jika melihat sejarahnya gua Maria Sendang Ratu Kenya ini punya sejarah istimewa yang membuatnya sangat unik diantara lokasi gua Maria lainnya.

Museum Wayang Indonesia, Wuryantoro, Wonogiri


Museum Wayang Indonesia terletak di dalam kompleks Padepokan Pak Bei Tani M Ng. Prawirowihardjo di kecamatan Wuryantoro kabupaten Wonogiri pada Jalan Raya Wonogiri – Pracimantoro km 13.Museum Wayang Kulit ini berlokasi di Kecamatan Wuryantoro, Kabupaten Wonogiri, provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Jarak dari pusat kota adalah sekitar 15 km dan dapat dicapai dengan kendaraan pribadi dalam waktu kurang dari 30 menit. Diresmikan oleh Ibu Megawati Soekarnopoetri, Presiden Republik Indonesia pada waktu itu, pada tanggal 1 September 2004. Museum ini dikelola oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Wonogiri dan buka tiap hari kerja dari Senin – Sabtu pukul 07.00 – 14.00.

Kamis, 06 Oktober 2011

Fenomena keunikan Pantai Banyutowo


Objek wisata  Pantai Banyutowo ini terletak di Desa Gudangharjo, Kecamatan Pranggupito atau sekitar 2 jam berjalan darat dari pusat kota Wonogiri.


Objek wisata alam mempunyai keunikan yakni pantai dengan sumber air tawar dan panorama alam yang indah, area pemancingan ikan air tawar, pengeboran sumur air tawar yang melimpah .



Hanya sedikit objek wisata alam yang memiliki keunikan seperti Pantai Banyutowo ini. Sesuai namanya Banyutowo, yang artinya air tawar, maka inilah kesempatan bagi wisatawan untuk menikmati sensasi air pantai yang berbeda, yakni air tawar yang tidak lengket bila terkena kulit tubuh ketika kita menceburkan diri ke pantai.

Pantai Nampu, emas terpendam dari Wonogiri


Suara debur ombak dan hempasan angin yang agak kencang akan kita temukan ketika berada di pantai Nampu. Pasir putih seakan-akan menjadi pijakan pualam yang terasa lembut. Hamparan laut biru terasa begitu memanjakan mata dan mengingatkan kebesaran Tuhan yang telah menciptakan alam beserta isinya. Keasrian dan kealamian pantai Nampu menjadi daya tarik tersendiri dibanding dengan pantai-pantai lainnya. Ratusan tanaman pandan dan beberapa bukit karang seperti menjelma prajurit yang senantiasa menjaga pantai untuk selalu menawarkan keindahan.

Rabu, 05 Oktober 2011

Pantai Sembukan, Emas di Tanah Wonogiri


Kabupaten Wonogiri , ternyata banyak wisata alam yang belum tergarap penuh oleh pemda seperti sebagai contoh Pantai Selatan yang terletak di kecamatan Paranggupito yaitu Pantai Sembukan.
Kali ini kami akan membahas wisata Pantai Sembukan. Pantai ini ramai dikunjungi pada malam 1 Suro. Pantai ini lebih dikenal sebagai tempat wisata ritual. Pantai ini sarat dengan mitos Nyi Roro Kidul yang sudah mendarah daging pada masyarakat Jawa. Berdasarkan mitos yang berkembang Pantai Sembukan merupakanpintu gerbang ke-13 Kerajaan Nyi Roro Kidul. Melalui gerbang ini Nyi Roro Kidul bertemu dengan raja-raja Kasunanan Surakarta. Setahun sekali di Pantai ini diadakan selamatan Larung Ageng oleh Keraton Surakarta, Pemkab Wonogiri, maupun masyarakat sekitar. Ritual semacam ini dapat menarik para wisatawan lokal dan mancanegara.

Senin, 03 Oktober 2011

RITUAL JAMASAN PUSAKA MANGKUNEGARAN


Selayang Pandang


Tradisi kebudayaan Jawa selalu eksotis dan misterius. Pergelarannya selalu dipenuhi makna mistis dan membuat penasaran. Upacara jamasan atau siraman pusaka Mangkunegaran di Kecamatan Selogiri, Wonogiri, Jawa Tengah, mencerminkan itu semua.
Upacara jamasan pusaka Mangkunegaran adalah upacara men-jamas atau memandikan dua buah keris dan sebuah tombak peninggalan Raden Mas Said atau Mangkunegara I yang disimpan di Selogiri. Dua keris sakti tersebut memiliki nama-nama yang unik, yaitu Kyai Koriwelang dan Kyai Jaladara, sedangkan tombaknya bernama Kyai Totok.
Syahdan, ketika Belanda mulai masuk ke Gunung Wijil, Selogiri, Raden Mas Said menggunakan senjata-senjata pusaka tersebut untuk memerangi Belanda. Dengan dibantu rakyat Selogiri, Belanda pun berhasil diusir. Setelah itu, Raden Mas Said kembali ke Mangkunegaran, keris dan tombak tersebut turut dibawa pulang. Pada tahun 1935, saat Mangkunegara VII berkuasa, sebagai ungkapan rasa terima kasih kepada rakyat Selogir, keris dan tombak pusaka Raden Mas Said tersebut diserahkan kepada masyarakat dan kerabatnya yang berada di Selogiri, yakni keturunan dari Rara Rubiah atau Raden Ayu Patah Aji, istri Raden Said.
Saat ini, pusaka-pusaka tersebut tersimpan dalam sebuah kotak yang diletakkan di atas sebuah tugu berukuran 7—7 meter dan tinggi 6 meter. Untuk menghormati dan menjaga kesaktian serta kekeramatan pusaka-pusaka tersebut, tiap setahun sekali masyarakat Selogiri mengadakan upacara jamasan atau pemandian.
Bagi sebagian masyarakat Selogiri, benda-benda pusaka tersebut dianggap mempunyai kekuatan gaib yang akan mendatangkan berkah apabila dirawat dengan cara dibersihkan atau dimandikan. Selain itu, fungsi lain dari jamasan adalah agar senjata-senjata pusaka tersebut tidak lekas berkarat dan dapat bertahan lama.

Paket Wisata Setren, Girimanik


Obyek Wisata Setren Girimanik terletak di Kecamatan Slogohimo dengan jarak sekitar 40 Km dari Kota Wonogiri. Akses jalan menuju tempat wisata ini sangat mudah dan lancar dengan dukungan sarana angkutan umum yang memadai. Obyek Wisata Setren Girimanik merupakan tempat wisata alam dengan suasana sejuk dan didukung panorama alam pegunungan yang indah. Selain pemandangan pepohonan hutan yang hijau dan lebat, Obyek Wisata Setren Girimanik juga terdapat air terjun yaitu Air Terjun Tinjo Moyo, Manik Moyo dan Condro Moyo.

Kahyangan, Situs Bersejarah dari Wonogiri Timur


Di bagian Timur Wonogiri terdapat sebuah situs bersejarah bernama "Kahyangan" di dusun Dlepih, Tirtomoyo, yang jaraknya kurang lebih 47 km dari ibu kota kabupaten Wonogiri.
Dari Kota Wonogiri, pengunjung bisa naik bus dari terminal bus giriwono dan naik minibus dari dekat ponten (dekat Kantor Badan Pertanahan), jurusan Tirtomoyo. Dari Tirtomoyo, bisa naik angdes jurusan Kahyangan atau Sukarjo. Sampai sekarang belum ada angdes yang bisa masuk sampai Kahyangan, sehingga harus dilanjutkan jalan kaki sekitar 1 Km. Pengunjung berkendaraan bisa langsung sampai ke tempat parkir Kahyangan.

Sebetulnya desa Taman dulunya merupakan sentra batik tulis, yang produknya banyak disetorkan ke Solo, untuk diproses lanjut. Banyak warga desa yang bergerak di bidang yang berhubungan dengan batik, baik sebagai pembatik, pembuat patron, pemasok kain mori. Akan tetapi, seiring dengan diperkenalkannya teknik pembuatan genting press, yang hasilnya cepat diperoleh, maka semakin lama industri batik semakin tergeser.
Sesampai di Kahyangan, pengunjung akan mendapati goa yang terletak di atas kedung. Konon, tempat itu sebagai tempat bersemedinya Danang Suto Wijoyo, atau yang dikenal dengan Panembahan Senopati, raja pertama kerajaan Mataram Islam. Selain itu, terdapat pula air terjun, dan puncak Kahyangan yang konon merupakan tempat di mana Sutowijoyo menemuai Kanjeng Ratu Kidul, sehingga bagi yang percaya tahyul, dilarang memakai baju yang berwarna hijau.

Petualangan Gantole di Wonogiri


 Bagi Anda yang berjiwa petualangan dan suka dengan adrenalin Wonogiri memberikan tempat alternatif untuk hobi Anda tersebut. Adalah Papan Arena Papan Luncur Olahraga Gantole namanya. olahraga yang dijamin akan memacu adrenalin Anda. Di bukit Desa Sendang adalahtempat untuk arena peluncuran bagi olahraga gantole dan paralayang. Tempatnya sangat nyaman dan cocok mengingat letaknya mudah dijangkau kendaraan roda empat dan tempat pendaratan yang luas sangat jelas dari tempat peluncuran.